Enterpreneur ship
Sonny Vinn
Tujuan untuk dapat menghasilkan tambahan beberapa rupiah
Seorang bisnis : sistem yang bekerja secara otomatis tanpa campur tangan orang lain,
Kebebasan keuangan : bekerja atau tidak tapi gaya hidup tetap
Memilih bisnis yang terbaik adalah yang kita sukai.
Mau melakukan walalupun tidak di bayar.
Untuk memulai suatu bisnis:
1. Dari skill kita sendiri
2. Trend
3. Opportunity
8 jenis orang terkaya
1. Accumulator (orang yang memperoleh penghasilannya dengan cara menanam lalu menuai) , warent bafe, salah satu kemampuannya adalah dengan mempunyai kesabaran yang tinggi.
2. Trader, melakukan jual beli yang cepat . soros. (saham, indoprimer securities). Untuk pemula main saham first liner (saham blue chip) harga diatas 1000 rp. Idx.co.id (virtual trading, untuk latihan trading). Untuk point 1 dan 2 perlu modal.
3. Deal maker , orang yang dapat penghasilan karena bisa memeprtemukan antara orang yang butuh dan yang menjual suatu barang atau jasa. Donal Trump (jual beli perusahaan)
4. Supporter, orang yang memperoleh penghasilan karena dia menjalankan suatu sistem dari suatu organisasi. Karyawan. Jack wills (CEO general electric)
5. Star, orang yang dapat penghasilan karena menjual kemampuannya di depan umum. Guru, dosen, atlit.
6. Creator, bill gates. Orang yang dapat penghasilan karena dapat menciptakan produk dan jasa secara berkesinambungan.
7. Mekaniks, orang yang memperoleh penghasilan karena menjual suatu sistem dari suatu organisasi. Reg krown, yang mendirikan mc donald.
8. Lord. Bisnis sejati. Orang yang mempunyai sujumlah aset yang bekerja secara otmotasi untuk mereka. Sultan bolkiah, 187 tambang minyak, pemilik. Orang 2 asia tengah.
Untuk gampangnya adalah beli francise.
Memulai bisnis :
Mengetahui karakter konsumen
Need, want
Need butuh, want sesuatu yang lebih spesifik
Financial strategies
100 % modal orang lain, dengan cara pinjam uang ke bank.
Setrika rekening, (setornya jangan bulat, nominalnya), untuk laporan keuangan agar terlihat baik.
Punya kemampuan bayar
Akan bahas human resources strategi pada tanggal 4 oktober 2009
Tanggal 4/10/09
Gemar kredit, alasannya karena bank merupakan sumber dana
Proses
1. Setrika rekening (first bisnis)
2. Laporan keuangan (second bisnis)
1 dan 2 kredit dengan tanpa agunan
3. Kredit dengan agunan : menaikkan nilai dari assetnya
4. Kredit, sewain, tombokin, selisih dapat , jual. Dan yang lainnya dengan cara re – financing.
5. Dengan cara menjual konsep. (1-4 =entrepreneur, 5 = bussness man)
Business man atau main di pasar saham
Langkah pertama dalam membuat usaha
1. Menentukan job diskripsi yang jelas
2. Membuat suatu sistem tanpa bergantung pada orang.
Pilih pekejaan yang anda sukai
NLP (neuro languastik progoraming), ilmu untuk membuat orang berpikir lebih positif
Visual (mata, orang 2 yang visualnya lebih peka dibanding dengan indera lainnya)
Auditory (telinga, telinga lebih peka dibanding dengan yang lain)
Kinestitic , action (orang 2 yang kalau bicara perlu gerak tubuh untuk menyakinkan) dan filling (orang yang suka mengungkapkan perasaannya)
dipunyai setiap orang
minggu depan akan membahas : marketing strategi untuk bisnis baru
tgl 11/10/09
motivasi terbesar adalah ketika kita mampu mencapai sesuatu hal yang dpt memberikan kebahagaian dan kebanggaan pada orang yang kita cintai.
Jng pernah merasa menyerah terhadap setiap tantangan dlm hiup ini karena kalau kita tdk pernah menyerah maka kita tdk pernah kalah.
Level komunikasi manusia
Dalam komunikasi bisnis :
Kata 2 : 7 %
Intonasi : 38 %
Bahasa tubuh : 55 %
Bukan apayang anda katakan, tapi bagaimana anda mengekspresikan apa yang anda katakan itulah yang memberi pengaruh dalam komunikasi
Pacing-leading techiques
Pacing
Niat tulus untuk memahami makna lawan bicar akita
Masuk ke dalam dunia mereka
Bicara dengan gaya mereka
Leading
Setelah pacing berada pada level yang tepat, barulah memberikan ide kita kepada mereka.
Marketing
Warung padang
5 force model
Bisnis plann untuk uts, papaer least (buat power poin 2003/words)
UAS, persentasi kelompok.
1000 1000 899 1000
10 % 900 900 QUANTITY DISC
REBATES CASH PSHYCO ALLOW
Cust. Segmentasi pricing = dengan produk yang sama namun untuk golongan tertentu harga beda (tiket pesawat untuk manula)
S T P
Adaalh membagi2 pasar untuk jdi sasaran konsumen.
Positioning : innovatif, murah, trendi, hi tech.
Iklan, produk, statement
JANGAN MENJADI BIASA2 SAJA, HARUS LUAR BIASA
Tgl. 18 Okt. 09
The buying roles
Dalam membuat bisnis hal diatas harus dipenuhi/diisi sehingga tahusiapa yang dituju
Dalam memberi mereka jangan memberi nama yang sudah ada artinya.
Hindari kata kata yang generik (jakarta consulting)
Atau menggunakan istilah2 tertentu
Separee family names for all product.
Nama perusahaan dan nama produknya sebisa mungkin dibedakan
Brand recognition, diingatkan baru ingat
Un aware of brand ---brand recognition—brand recall—top of mind (tahap the awaeness pyramid)
Experiental marketing
Let the potensial cus have the experience about our product
Bisnis strategi
Untuk ukm pesaing hanya ekitar 10 m (sekeliling)
winner
Si pemilik tdak tahu harus mengembangkan dan si pemilik tidak mau berkembang.
Untuk enjadi participant perlu sales skill
Untuk top ten perlu marketing strategi
Untuk winner perlu bisnis strategi
Repositioning the competition
Find the strength of your copetitors
Turn the strength of yur competitors became weakness
Make your products became the probelm solver for competitors weakness
Kuasai informasi, buat suatu skema untuk mendapatkan informasi!!penting !!!
Product life cycle
Dari introduction ke growth indikatornya
Penjualan meningkat
Sudah mulai punya loyal cust. (membeli lebih dari 1 kali)
Indikator dari growth ke maturity
Kapasitas produk = kapisitas penjualan
Maturity strategi
Jika kita bisa maintence itu bagus
Rebut cust. Dari pesaing dengan cara join dengan produk lain, dengan trade in produk competitor dengan menawarkan kemudahan mendpatkan produk baru kita.
Bagaimana cara cust. Beli lebih sering atau lebih banyak.
Beli 1 dapat 2
Declining strategy
Cara mendilate suatu produk ada 2
1. Divest (jadiin besi tua)
2. Harvest (cuci gudang)
Buat impian yang besar dan mulai dari tindakan yang kecil dan mulai SEKARANG
Jangan tanya kenapa kita belum sukses, tapi tanya kelebihan apa yang belum kita gunakan untuk mencapai sukses tersebut
Jika kita tidak mulai melangkah hari esok masih seperti dengan masa lalu yang pasti kita bertambah tua.
Leads | 4000 | |
x onversion rate | 25% | |
no. Of customers | 1 x 2 | 1000 |
no. Of trasactions | 2 | |
x average value sale | Rp | 100 |
total slaes | 3 x 4 x 5 | 200000 |
x margins | 25% | |
Profit | 6 x 7 | 50000 |
Segalanya nampak mudah diatas kejta, mulai dari tahap persiapan, perencanaan, pendanaan, strategi, businesp plan hinga usaha
Bisnis mentality
Tujuan awal jika hanya uang maka tidak akan mulai.
Motivasi untuk memulai jika , sudah kepepet. Dan kedua adalah ingin memberi sesuatu yang lebih kepada orang2 yang kita cintai.
Uang yang didapat alokasikan kepada investasi2.
Adakah sistem yang bekerja di usaha kita, buatlah sebuah sistem, walaupun kecil2 an
Untuk membuat orang loyal kepada perusahaan :
1. Dari sikap, respect to people
Mingu depan akan dipelajari advertising strategi
Pertemuan ke 7 menghitung strategi periklanan
Winner
Top ten (butuh skill marketing)
Partisipan
Follower
Untuk follower diperlukan sales skill
Bagaimana promosi anda beredar, dengan cara 2 kreatif
Inside marketing, mempengaruhi orang2 di sekeliingnya untuk orang sekitar dapat mendesak orang tsb beli.
Pimpinan = pangkat, pemimpin =
Bisnis plan (power point 2003 atau ms word), ujian tanggal 15, 1 desember dikumpulkan. Untuk yang dipersentasikan adalah salah satu mana yang dipresentasikan, (minggu dpn cek -$)
Format bisnis plan.
Ide bisnis ; Gaya hidup masyarakat di ibukota telah mengarah ke arah fashionable, artinya......
Konsep bisnis : dibuatu lebih spesifik ke dalam konsep (menggabung tempat hiburan....)
Profile bisnis : bisni ini termasuk dalam profile trader kaerna melakukan jual beli barang dalam waktu yang singkat
Hal2 awal yang perlu disiapkan dalam bisnis tradera :
1. Adanyha supplier yang bisa memasok bahan baku secara konstan dalam jangka panjang
2. Adanya satu lokasi/lebih untuk tempat penjualan
3. Perlu dibuat satu standar untuk semua jenis produk yan g dijual.
Analisa 5 forces model
Supplier
Bahan yang diperlukan :
Sayur2an, daging lokal dan impor, bumbu dapur, peraltan makan minum, supplier...
Penyedaiaan bahan tsb
Pasar tradisonal dan modern (supermarket), agen minuman kaleng dan bir.
Bergaining position
Supplier - , cafe +
Karean kita lebih mempunyi daya memilih dibanding supplier
Potensial entrans
Tidak teralalu sulit untuk membuka cafe spt ini,
Bergaining position
Potensial entrans
Karena potensial entrans tidak bisa dicega
Strategi :
Menciptakan brand image
Buyer
Bergainig position
Buyer selalu + dan cafe –
Karena byuer memiliki hak memilih lebih besar dibanding penjualannya
Strategi :
Subtitutes
Restoran, warung, pedagan
Bergaining position
Analisa kuangan (dibuat selama 1 tahun)
Perlu dilakukan perincian aitu
Pendanaan awal
Biaya cadangan (30%x ....)
Modal maksimal 1 m
Tentukan modal berasal dari :
....dll
Tentukan pencapapin titik impas/BEP, berdasarkan perkembangan
Buat tiga prediksi jika laku, biasa saja, dan tidka laku.
(tidak perlu surat /perijinan, pajak2, asumsi kan dana tidak berasal dari bank),
Sekenario menengah
Skenario terburuk (ekstrim) tidak ada pembeli sama sekali
1. Bisnis ditutup
2. Mengecilan ukuran bisnis
3. Menutup bisnis dan membuka bisnis lain
4. Tetapmenjalankan bisnis dan invest modal baru
Analisa sdm
Ada berapa karyawan dan tentukan jabatan2nya.
Struktur organisasi
Yang paling penting dalam sdm, adalah penggajian (sistem penggajian dibuat selama 13 bulan)
Buat status karyawan harian aja.
Analisa pemasaran
Mulai dari siss stp
Buat slogannya
Maketing mix
Produk
-makanan, minuman. Entertainment
Price
Makanan : mulai dari /sd
Place
Promotion
Total biaya promosi
Januari
Maret, kebanyakan perusahaan swasta dijakarta menaikkan gaji karyawannya pada bulan maret. ..
Sepanjang tahun
Membagikan brosur di pintu pintu keluar parkir, di area perkantoran
TUGAS : BUAT IKLAN / BROSUR
ANALISA BISNIS
Membahas dari sisi persaingan dan konsumen
Analisa situasi persaingan
Di daerah segitiga emas terdepan 24 restoran/cafe yang sejenis dengan melayan segmen pasar yang sama
Analisa konsumen
Asumsi kan potensial customer berjumlah ......
Strategi pengembangan bisnis
· Cafe akan buka 1 jam lebih awal dan tutup 1 jam lebihakhir dibanding cafe lain sejenis di daerah segitiga emas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar